Menyajikan kasus jangka panjang untuk berinvestasi di Rusia

Sofia Miroyedova

Vladimir Pakhomov

Pada tahun 1993, Douglas C. North mengatakan dalam kuliah Hadiah Nobelnya: “Organisasi … mencerminkan matriks institusional. Artinya, jika kerangka institusional menghargai pembajakan, maka organisasi bajak laut akan muncul.”

Selama 25 tahun terakhir, Rusia memiliki lebih banyak organisasi bajak laut. Tambahkan serangan ketidakstabilan ekonomi makro dan ketegangan geopolitik baru-baru ini, dan hanya musuh yang tangguh yang akan menerima gagasan untuk berinvestasi di Rusia.

Namun, sekarang bisa menjadi saat yang tepat untuk menggunakan modal untuk bekerja di Rusia dengan visi jangka panjang. Ini bermuara pada ide sederhana: Matriks kelembagaan Rusia sedang berubah, dan hanya sedikit yang menyadarinya.

Institusi adalah interaksi dari tiga elemen: aturan formal, tradisi informal, dan mekanisme penegakan.

Sejak tahun 1991, telah banyak upaya untuk mengubah kerangka hukum dan lembaga penegak hukum, namun tidak ada yang berpengaruh signifikan terhadap kekayaan negara, kecuali harga minyak. Ini karena orang – bagian informal dari matriks kelembagaan – tidak tiba-tiba berubah pada tahun 1991.

Interaksi sehari-hari masih didasarkan pada jaringan pribadi koneksi informal. Untuk bertahan, apalagi berhasil, seseorang harus mengenal orang yang tepat di tempat yang tepat, dan sangat sering mengabaikan atau melanggar aturan formal. Pertukaran impersonal, di mana individu dan organisasi bergantung pada seperangkat aturan untuk menghindari keterlibatan pribadi dalam setiap transaksi, tidak mungkin dilakukan.

Salah satu elemen kunci dalam pertumbuhan Barat selama berabad-abad, pertukaran impersonal memungkinkan peningkatan skala besar. Pemilik kapal tidak perlu terlibat secara pribadi dalam setiap transaksi – awak kapal dapat dengan mudah disewa untuk memperluas bisnis.

Tanpa pertukaran impersonal, ekonomi Rusia beroperasi pada skala yang dapat diharapkan pada sebagian kecil dari geografi serupa. Sekarang, untuk bagian yang optimis.

Jika Anda mencermati apa yang telah terjadi di Rusia selama lima tahun terakhir, Anda pasti akan melihat perubahan perilaku masyarakat. Mulai dari hal-hal kecil, dengan pengemudi di jalan melambat sebelum penyeberangan pejalan kaki, warga merawat jalan masuk, taman, dan secara umum peduli dengan apa yang terjadi di sekitar mereka. Ada pengusaha baru, yang berfokus pada produktivitas daripada memenangkan kontrak pemerintah yang digelembungkan.

Generasi baru berusia 35-40 tahun mengambil alih posisi manajemen senior. Orang-orang ini adalah remaja selama ledakan real estat di awal 1990-an, dan masih terikat secara romantis dengan impian membangun sesuatu yang abadi. Berpendidikan baik, mereka hanya sekarang memiliki sumber daya untuk mengubah cara melakukan sesuatu.

Kepercayaan dan pertukaran impersonal perlahan menemukan jalan mereka kembali ke masyarakat. Memang, ini sebagian karena Internet tidak memerlukan komunikasi tatap muka untuk menyelesaikan transaksi. Tetapi alasan utamanya adalah struktur insentif berubah karena akumulasi kekayaan yang cepat: Ada pemahaman yang berkembang bahwa lebih menguntungkan untuk menetapkan aturan tertentu dan memainkannya daripada bertindak secara oportunistik.

Beberapa cabang negara juga memainkan peran kunci dalam perubahan ini dengan meningkatkan biaya perilaku oportunistik.

Bank Sentral Rusia, khususnya, telah berbuat lebih banyak untuk dinamika kelembagaan Rusia dalam tiga tahun terakhir daripada gabungan sejumlah pemerintah yang berorientasi reformasi.

Anggap saja seperti ini: Setelah penghapusan perbudakan pada tahun 1861, Rusia membutuhkan waktu sekitar 50 tahun untuk menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Eropa. Bukan generasi yang dibebaskan dari perbudakan yang berhasil, juga bukan yang kedua. Kita baru setengah jalan menuju pergeseran dengan proporsi yang sama, pasca-1991.

Jadi, untuk menjawab bagian pertama dari pertanyaan – mengapa Rusia, ekonomi yang mengalami pergeseran kelembagaan sebesar itu, akan menghasilkan pengembalian yang relatif lebih tinggi dalam jangka panjang.

Menjawab bagian kedua dari pertanyaan – mengapa sekarang – relatif mudah: Dengan devaluasi rubel, suku bunga di mana mereka berada dan sanksi, Rusia sekarang mungkin adalah tempat termurah untuk menghasilkan apa pun, dengan nilai aset seringkali dengan diskon untuk penggantian biaya. Bank mengambil potongan rambut pinjaman. Ada tim manajemen di banyak industri — tim yang sudah memiliki rekam jejak yang baik.

Namun tidak ada masa depan cerah dengan keuntungan tak terbatas untuk semua. Ketidakpastian setinggi sebelumnya, politik memainkan peran besar dalam menghasilkan ketidakpastian ini. Tetapi jika cakrawala Anda terlihat 15-20 tahun ke depan – tahun-tahun mungkin sama bergejolaknya dengan 25 tahun terakhir – Rusia pasti akan jauh lebih baik daripada rata-rata dunia.

Vladimir Pakhomov adalah pendiri dan mitra pengelola Olympia Capital.

Togel Sidney

By gacor88