Rekap TV Moskow: Peringatan May Day

Ini adalah minggu May Day di televisi Moskow, ketika layar kecil mengawali liburan selama dua minggu dengan pilihan film dokumenter dan film layar lebar yang cukup bagus untuk membuat Anda berpikir untuk menjadwal ulang piknik tahunan bersama mertua. Inilah di mana dan kapan:

SENIN awali liburan Mei dengan baik dengan film dokumenter yang mengalihkan perhatian dari Sergei Strakhov “Tanah Danelia” (2004), di mana sutradara film legendaris Georgy Danelia (lahir 1930) memberikan kisah menarik tentang kehidupannya di sinema Soviet dan pasca-Soviet. Tampilan di balik layar yang luar biasa dari karya klasik nasional dan bagaimana hal itu terjadi segera diikuti dengan pertunjukan salah satu karya awal terbaik Danelia, the hidup Berjalan-jalan di Moskow” (1963).

“Walking” adalah sebuah film picaresque episodik yang mengembara di sekitar Big Onion tentang empat remaja Rusia di puncak era Pencairan. Dipimpin oleh seorang debutan Nikita Mikhalkov, ini adalah anak-anak yang kesopanan yang terbukti dengan sendirinya dan masalah universal kaum muda tampil sebagai hal yang dapat dipercaya dan lucu – kombinasi yang langka memang untuk film remaja Soviet.

Berempat dan ansambel pendukung dewasa yang baik menjalin jalan mereka melalui kota melalui naskah jenaka Gennadi Shpalikov, secara meyakinkan menunjukkan di sepanjang jalan bahwa frasa “komedi liris Soviet” sama sekali bukan sebuah oxymoron. Hit trans-Uni Soviet yang besar ini juga memenangkan penghargaan di Cannes, Milan, dan Praha – dan sepatutnya demikian, seperti yang akan Anda lihat. Dan coba saja bukan nyanyikan lagu tema film setelahnya!

Tanah Danelia. Kultura, Senin pukul 19.05 dan Kamis pukul 12.30

Berjalan-jalan di Moskow. Kultura, Senin pukul 19.55 dan Kamis pukul 11.15

SELASA memberikan pemirsa pengenalan yang baik tentang rekan senegaranya yang terkenal lainnya yang belum pernah didengar dalam film dokumenter baru dari saluran Kultura “Sejarah yang Dideklasifikasi” seri: “Orang Rusia”Normandia’ (2017).

Vladimir Ivanovich Yourkevitch (Yurkevich;1885-1964) adalah penduduk asli Moskow yang dilatih sebagai insinyur angkatan laut di Petersburg, berpihak pada Putih pada tahun 1917 dan meninggalkan Soviet Rusia untuk menjadi pengembang dan perancang lambung kapal modern Prancis yang terkenal di dunia (atau dikenal Barat). kapal laut abad ini, SS Normandia.

Yang terakhir adalah pekerjaan yang sangat besar dengan hasil yang sangat besar: Tiga tahun dalam konstruksi, kapal yang telah selesai menggunakan mesin 160.000 hp untuk mengangkut 2.000 penumpang dan 1.300 awak melintasi Atlantik dengan gaya – dan lebih cepat dan lebih efisien sebagai satu-satunya pesaingnya, the Ratu Mary.

Publik Soviet tahu tentang Normandia – ini ditampilkan dalam perjalanan terkenal Ilf dan Petrov “One-Storied America” ​​​​(Satu cerita Amerika1937) setelah kapal tersebut mengangkut para satiris populer ke dan dari Amerika Serikat pada tahun 1935-36 – tetapi emigran Rusia yang membangun kapal tersebut tetap tidak dikenal di tanah airnya.

Yourkevitch kemudian beremigrasi dari Prancis ke Amerika, bergabung dengan pionir penerbangan Igor Sikorsky dan “bapak televisi” Vladimir Zvorykin sebagai penemu ulung Rusia yang menjadi warga negara Amerika. Saksikan, kagumi, dan bergembiralah karena kedua negara kini bisa membanggakan kejeniusan pembuatan kapal yang sama.

Sejarah yang Dideklasifikasi: Orang Rusia”Normandia” / Sejarah yang tidak diklasifikasikan. “Rusia” Normandia “…. Budaya, Selasa pukul 18:45

SS Normandie meninggalkan New York. Perancang garis Vladimir Ivanovich Yourkevitch menjadi subjek film dokumenter pada hari Selasa.
ROBERT A.SMITH

RABU. Dan berbicara tentang Ilf dan Petrov, ingatlah bahwa pemeran novel satir besar kedua mereka, “The Little Golden Calf” (Золотой телеhouse, 1931), salah satunya adalah Heinrich-Maria Zauze, seorang spesialis Jerman yang frustrasi dan lucu yang mengerjakan kontrak di Uni Soviet. . Nah, hari ini sama “Sejarah yang Tidak Diklasifikasikan” Serial ini menunjukkan kepada kita berapa banyak Zauze asli yang diinjak selama Rencana Lima Tahun pertama – dan apa yang terjadi setelahnya – dalam film dokumenter baru “Industrialisasi: Terjemahan dari Bahasa Jerman” (2017). Ini adalah kisah yang menarik – dan sebuah kisah peringatan yang patut disimak.

Pada bulan September 1932, sekitar 37.500 spesialis asing, pekerja dan tanggungan mereka berada di Uni Soviet, sebuah kontingen yang warisannya masih ada termasuk “beberapa gedung apartemen di Moskow yang khusus dibangun pada awal tahun 1930-an untuk pekerja dari Jerman”.

Banyak dari yang terakhir adalah “romantis yang datang untuk membangun sosialisme,” dan sebagai tamu istimewa diperlakukan dengan baik oleh tuan rumah mereka – selama politik memungkinkan: “Mereka adalah pekerja kejut yang terhormat dan pahlawan Stakhanov sampai tahun 1938, ketika mereka berubah menjadi mata-mata asing dan musuh rakyat.”

Dengarkan dan saksikan kisah mereka melalui cuplikan film langka saat itu dan cuplikan arsip yang ditinggalkan oleh masinis Jerman Ewald Ripperger (1902-1938). Lalu pikirkan kembali apa artinya ketika suatu masyarakat tiba-tiba mulai dengan keras dan terbuka mencela “musuh” yang baru ditemukan, baik asing maupun dalam negeri.

Sejarah yang Dideklasifikasi. “Industrialisasi: Terjemahan dari Bahasa Jerman” / Sejarah yang dideklasifikasi. “Industrialisasi. Terjemahan dari bahasa Jerman“. Budaya, Rabu pukul 18.45

KAMIS. Seperti yang kita catat setiap Mei betapa tipisnya jumlah veteran Perang Dunia II Rusia di lapangan, kita juga harus ingat bahwa nasib yang sama, mau tidak mau, sekarang menimpa para veteran terobosan budaya besar Rusia pasca-perang—dan dengan demikian pujian besar untuk Alexei . Vasiliev untuk film dokumenter barunya “Pencairan” (2017), yang merekam tokoh-tokoh terkemuka dari “masa aneh dengan kesegaran yang memabukkan” ini saat mereka mengenang era luar biasa dan penuh kebebasan pada tahun 1956-1968 dengan kata-kata mereka sendiri.

Kontributor budaya yang tercatat di sini termasuk sutradara Marlen Khutsiev (kini 91), Andrei Konchalovsky (79) dan Galina Volchek (83); seniman Oskar Rabin (94); desainer Fyodor Lvovsky (77); dan kritikus sastra Marietta Chudakova (83). Para veteran Thaw yang terhormat ini dikontraskan dengan perwakilan generasi seni muda yang menghabiskan beberapa tahun untuk mengkurasi pameran tentang era Galeri Tretyakov (“The Thaw: Facing the Future,” 2017).

Ini adalah jenis televisi yang memberi nama baik pada budaya (dan Kultura). Dengarkan dan ingatkan betapa pentingnya selingan budaya Soviet yang singkat namun brilian ini – dan pikirkan betapa beruntungnya Renaisans Rusia berikutnya bagi seni untuk memanfaatkan warisannya.

Defrost / Pencairan…. Budaya, Kamis pukul 10:45

Pada JUMAT, budaya “Karya Sinema Awal” seri membawa kita kembali ke masa-masa awal spy mania dengan Alexander Macheret “Kesalahan insinyur Kochin” (1939), sebuah karya sinematik Stalinisme tingkat tinggi yang oleh Mikhail Romm dijuluki sebagai “film detektif Soviet pertama”.

Meskipun “Kochin” tidak bisa disamakan dengan karya-karya sezaman di Barat seperti “The 39 Steps” dan “Sabotage” – yang tingkat deteksinya jauh lebih tinggi dan tingkat pendidikannya jauh lebih rendah – ini kisah tentang seorang perancang pesawat terbang yang secara naif dan mungkin dengan licik mengeluarkan beberapa konsep dari kantor untuk dikerjakan di rumah adalah tontonan yang bagus karena tiga alasan:

(1) skenarionya ditulis bersama oleh Macheret dan novelis terkenal Yury Olesha (“Envy,” 1927) yang beralih dari sorotan sastra di sebagian besar era Stalin;

(2) pemeran utama wanita dimainkan oleh Liubov Orlova, “Soviet Marilyn Monroe” (atau Marlene Dietrich) yang selalu cerdas dan menyenangkan untuk ditonton – dan terlebih lagi dalam peran “negatif” yang langka: seorang gadis Soviet yang sederhana ditipu menjadi pengkhianatan tingkat tinggi oleh orang asing, dia memiliki akal sehat Soviet untuk menerima konsekuensi akhir dari kejahatannya (“Я предлагала не вам, а своей стране, и лач она покарает меня!”); Dan

(3) Ada banyak pelajaran untuk hari ini: Seperti yang dikatakan oleh kritikus KinoPoisk baru-baru ini, “Anda mendapat kesan bahwa masyarakat pembangun komunisme ini dikelilingi oleh musuh-musuh yang mencoba berkompromi dan menghancurkan Uni Soviet – namun upaya mereka tidak berhasil” – xenofobia merek rumahan yang sama persis dengan yang media Putin 3.0 coba jual kepada kita 24/7 selama tiga tahun.

Kalau begitu, dengarkan anti-nostalgia yang menghibur dan instruktif dalam lagu Stalinis yang harus diketahui nenek Anda – dan kemudian putuskan sendiri seberapa banyak yang telah kita pelajari tentang “agen asing” dan “kolumnis kelima” selama 75 tahun terakhir.

Mahakarya Sinema Awal: “Kesalahan Insinyur Kochin” / Mahakarya teater tua. “Kesalahan insinyur Cochin”. Kultura, Jumat pukul 10.20

Mark H. Teeter adalah editor dari Tonite TV Moskow di Facebook.

judi bola terpercaya

By gacor88