Masih ada arus kas asing yang besar ke Rusia

(Bloomberg) – Pada akhirnya, sanksi internasional dan hubungan terburuk dengan AS sejak Perang Dingin tidak banyak membantu mencegah masuknya uang asing.

Perusahaan Rusia akan mengumpulkan $2,8 miliar dalam penawaran umum perdana di Moskow dan London tahun ini, terbesar sejak 2011. Pada tahun ketika AS memperketat sanksi terhadap Moskow, pemulihan minyak dan pelonggaran moneter meningkatkan daya tarik penawaran ekuitas negara tersebut. di tengah kenaikan 30 persen saham pasar negara berkembang.

Pasar IPO Rusia telah dibekukan sejak 2014, ketika harga komoditas ambruk dan beberapa perusahaan terbesar di negara itu dikenai sanksi sebagai hukuman atas peran negara dalam krisis Ukraina. Lonjakan penjualan saham adalah bukti dari selera yang bangkit kembali karena ekonomi muncul dari resesi terpanjang abad ini dan harga komoditas mendekati tertinggi multi-tahun. Total penjualan saham, termasuk penerbitan tambahan, sekitar $6,5 miliar tahun ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

“Rusia secara efektif ditutup dari pasar modal selama beberapa tahun sejak invasi Krimea, perang di Ukraina dan pengenaan sanksi, sehingga ada banyak perusahaan Rusia yang kekurangan modal ekuitas,” Julian Rimmer, seorang pedagang pasar berkembang di Investec Bank Plc di London, dikatakan melalui email. “Rusia terlihat lebih menarik dengan adanya siklus pelonggaran, ekonomi yang stabil, dan rubel yang kokoh.”

En+ Group Plc milik Miliarder Oleg Deripaska menggunakan hasil penjualannya untuk melunasi utang sebesar $942,6 juta kepada bank-bank milik negara. Perusahaan lain seperti raksasa logam Severstal PJSC memposisikan diri untuk arus masuk lebih lanjut dengan menjual saham untuk meningkatkan bobotnya dalam indeks yang diikuti investor.

Roh Hewan

“Alasan utama kami melihat peningkatan penjualan saham tambahan tahun ini adalah keinginan pemegang saham untuk meningkatkan likuiditas saham,” kata Vladimir Vedeneev, kepala investasi Raiffeisen Capital Asset Management di Moskow. “Mengingat harga minyak yang relatif stabil dan tidak adanya guncangan geopolitik baru, tren ini kemungkinan akan berlanjut tahun depan.”

Beberapa tawaran telah tersandung. Pengecer barang anak-anak Detsky Mir menjual saham senilai 21,1 miliar rubel pada Februari, penjualan terbesar oleh perusahaan barang konsumen Rusia dalam tiga tahun, menarik investor asing termasuk Vanguard Group Inc. dan Credit Agricole SA.

Saham naik sebanyak 29 persen di atas harga IPO tahun ini sebelum runtuh pada bulan Desember, ketika pengadilan membekukan 52 persen saham pemegang saham pengendali Sistema PJSC di pengecer.

Namun, dengan perdagangan minyak mentah Brent 12 persen lebih kuat tahun ini dan Bank of Russia melanjutkan penurunan suku bunga, aksi jual saham akan berlanjut, menurut Vitaly Isakov, manajer uang di Otkritie Asset Management.

“Pasar bull Rusia akan bertahan selama 3 hingga 5 tahun lagi, memicu semangat hewani pada emiten dan investor,” kata Isakov. “Saya memperkirakan penjualan saham Rusia akan terus berlanjut.”

Toto SGP

By gacor88